Senin, 27 September 2010

Pria dan Patah Hati.................

Paradigma yang banyak berkembang dalam dunia percintaan umat manusia selama ini bahwa wanita lah yang sebenarnya sering terjebak dalam kesedihan karena patah hati. Hal itu tidaklah sepenuhnya benar. Itu bisa dibantah karena pada kenyataannya pria lah yang sering kali menyatakan perasaannya, dan tidak sedikit yang mendapatkan penolakan karena cinta bertepuk sebelah tangan. Selain itu, kemajuan zaman dewasa ini membuat wanita menjadi lebih berani untuk bertindak dalam urusan cinta, dimana-mana kasus perselingkuhan yang datang dari pihak wanita meningkat. Akibatnya bertambah lagi daftar pria yang patah hati saat dia benar-benar mencintai wanita itu. Pernah dengar kasus Krisdayanti-Anang, kan?? Itu hanya contoh dari kalangan publik figur saja, belum lagi dikalangan masyarakat biasa.
Namun, dalam keadaan yang saat itu membuatnya jatuh dan terpuruk kebanyakan pria cerdas untuk tidak segera menyampaikan kesedihannya seperti yang dilakukan wanita pada umumnya, seperti curhat dan menangis pada teman, melainkan kebanyakan pria mengelola sendiri perasaannya.
Robin Simon, Professor Sosiologi di Wake Forest University North Carolina mengungkap, pria cenderung lebih reaktif dan berusaha segera lepas dari ketidaknyamanannya. Ego pria lebih terluka saat hubungan kandas. Meski terlihat tidak acuh, pria rentan akan tenggelam dengan kebiasaan buruk seperti penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang.
Berikut beberapa hal yang sering dilakukan pria untuk memulihkan diri dari putus cinta.
1. Memilih diam
Tak seperti perempuan yang spontan dan lebih terbuka mengungkapkan isi hatinya saat putus cinta, pria lebih cenderung diam. Tetapi ada sesuatu di balik aksi diamnya itu. Ini yang mereka rasakan ketika patah hati. Sifat tertutup pria membuat mereka hanya bisa membagi perasaan dengan orang terdekat dan kebanyakan adalah kekasihnya. Nah, saat mereka putus cinta, mereka biasanya lebih merasa kesepian karena tak ada lagi teman untuk berbagi. Istilah pria adalah mahluk jantan dan kuat menjadikan mereka memiliki kekuatan lebih untuk menyimpan rasa sakit hatinya walau cukup menyakitkan. Mereka akan menjalankan aktivitas seperti biasanya, tanpa menunjukkan raut wajah sedih atau kecewa. Begitupun saat sedang menghadapi masalah, pria lebih memilih menyelesaikannya sendiri atau dengan orang yang paling ia percaya. Jangan salah, ternyata si pria juga menangis saat hubungannya dengan Anda putus. Tak ada satu orang pun yang tahu karena ia lebih memilih menangis diam-diam. Tak ingin dicap sebagai pria lemah, membuat kaum Mars ini tak pernah menunjukkan sensitivitasnya di depan orang banyak. Berbeda dengan perempuan yang bisa curhat dengan siapa saja dan di mana saja.
2.  Mengalihkan perhatian
Bersyukurlah menjadi perempuan, karena semua orang akan memaklumi semua tangisan, curhatan, terlebih sikap menyebalkan Anda saat baru patah hati. Dukungan pun datang dari sana-sini. Begitu berbeda dengan si dia yang cenderung lebih suka sendiri. Tapi, si dia punya jurus lebih jitu dalam mengobati patah hati. Inilah yang sering membuat kita iri karena gaya tersebut mampu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka baik-baik saja. Untuk mengalihkan perhatian, kebanyakan pria memilih untuk kumpul bersama teman-temannya, atau melakukan hal yang menjadi hobi mereka misalnya pergi karokean, jalan-jalan, olahraga dan lain-lain.
3. Menerima keputusan berpisah dengan cepat
Tidak seperti wanita yang sering tak menerima kenyataan, sebagian pria langsung berusaha menerima bahwa cintanya kandas. Mereka berusaha menerima secepat mungkin agar tak kecewa.
Mereka akan segera membaur kembali dengan teman-teman dan pekerjaan namun enggan diingatkan mengenai kegagalannya. Atau, bisa juga mereka mencurahkan emosi bagi diri sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain.
4. Tenggelam dalam minuman keras dan obat-obatan
Banyak pria mengurangi rasa sakit hati dengan alkohol dan obat-obatan. Menurut pria, ini membantu menghilangkan emosi dan tidak perlu mengungkapkan perasaan. Secara alami, ego pria melarang mereka untuk menangis. Namun, saat mabuk, alam bawah sadar mereka tak terlalu menghakimi karena mereka tidak terlalu menyadari saat menangis.(Kalau yang ini bikin kerugian bertambah, so...Naudzubillah g usah dilakukan!)
5. Memohon dan membujuk agar kembali bersama
Biasanya pria jenis ini merasa mencintai dan cocok dengan pasangannya. Atau bisa jadi ego mereka terluka karena merasa ditolak. Pria tipe ini akan mengambil tindakan apapun untuk mengambil hati dengan segala hal yang dianggapnya romantis dan mampu meluluhkan hati wanita.

Nah itu cara Pria mengatasi patah hati karena cinta, mungkin anda pria yang pernah melakukan cara anda sendiri? silahkan berbagi di bawah kotak komentar apa yang anda lakukan ketika anda merasakan keterpurukan karena cinta...

2 komentar:

Jay mengatakan...

Lah sekarang yang jadi pertanyaan, apa yang kamu lakukan kalo lg putus cinta??? ya seperti yang kamurasakan saat ini... hehehehehe...

serba-serbi mengatakan...

biasanya yang no 1 tu jikun.....gw bget tuh....di luar kyk g ad ap2...tp di dlem sedeh sangat...kyk zaman dulu..tw dong.......

Posting Komentar