Sabtu, 25 September 2010

Pengguna Internet di Indonesia

Saat ini pengguna internet di berbagai negara, temasuk di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Berbagai rekor baru dalam dunia internet dicapai di Indonesia bersama negara-negara besar lainnya seperti halnya China. Berdasarkan sumber yang terpercaya dengan data statistik yang ada menunjukkan perkembangan pengguna internet di Indonesia meningkat tajam.

Berdasarkan penyampaian menteri komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring ketika berkunjung ke kantor China Unicom di Beijing, rupanya pengguna internet di Indonesia diperkirakan sudah mencapai 45 juta orang. Jumlah tersebut sudah hampir seperlima dari total seluruh penduduk Indonesia dan akan semakin berkembang seiring peningkatan pengguna internet mobile. Selain itu, saat ini tercatat menurut informasi okezone.com, Indonesia merupakan pengguna facebook terbesar di Asia yaitu sebanyak 12,2 juta akun.
Berbagai kepentingan yang menjadi motif masyarakat kini begitu sering mengakses internet, mulai dari urusan bisnis, hiburan, pendidikan, jejaring sosial, dan lain-lain. Mulai dari anak-anak sekalipun sudah banyak yang menggunakan internet, misal untuk mencari games on line yang memang begitu banyak jenis yang bisa diakses. Melihat kondisi di masyarakat yang berkembang seperti ini, tentu saja menjadi peluang tersendiri bagi berbagai kalangan bisnis, misalnya meningkatnya pula warung internet (warnet) dengan harga bersaing, lalu berbagai tempat usaha juga menyediakan secara gratis bagi konsumen mereka, misalnya saja ada restoran dan tempat makan sejenisnya yang menyediakan akses internet gratis, hingga para konsumen betah berlama-lama di sana sambil menikmati menu-menu spesial yang ada. Bukan hanya itu, kini berbagai tempat usaha lainnya, seperti toko buku, tempat karokean, dan lainnya juga ikut meningkatkan layanan terhadap konsumen dengan menyediakan akses internet gratis.
Sejatinya, semoga peningkatan penggunaan internet ini bisa memberikan dampak yang positif dan cukup besar dalam menyediakan layanan informasi bagi masyarakay yang bisa menunjang kemajuan dan perkembangan Indonesia di masa mendatang. Tentu saja dengan kesadaran masyarakat untuk benar-benar menggunakan fasilitas yang ada di dunia maya ini secara benar dan dengan pengawasan dari pihak-pihak terkait bila tak ingin Indonesia kebablasan dan malah menjerumuskan Indonesia pada kehancuran.

1 komentar:

serba-serbi mengatakan...

iyo.....kalo pemerintah tu serius, jgn beberapa situs porno aj yg di blokir...tp smuanya......g serius nian lah...

Posting Komentar